Mengenai Menulis di Blog

Nge-blog. Wow, udah lama banget semenjak terakhir serius nge-blog. Rasanya harus mulai dengan pelan-pelan supaya bisa lancar menulis di blog lagi. Ternyata agak menakutkan ya menulis di ruang publik.

Selama nge-blog waktu SMP beberapa kali diserang orang karena isi blognya terlalu personal dan banyak mengeluhnya. Padahal, itu kan blog saya. Terserah saya mau nulis apa, terserah yang berkunjung mau baca atau tidak.

Tapi sekarang saya memang sengaja berusaha keras untuk ngga terlalu personal. Bisa ngga ya?

Sebenernya sih agak bingung gimana caranya menulis yang ngga personal. Soalnya setiap hasil tulisan kan personal, seperti hasil penelitian. Ngga ada hasil karya yang tidak subjektif. Kalau emang ngga suka dengan apa yang ditulis ya tidak perlu dibaca, ngga sulit. Tuh kan jadi kesel sendiri.

Tapi alasan saya supaya ngga terlalu intim menulis ya karena ternyata it’s not nice to be too exposed. Even though sometimes people would actually listen to me in real life. Saya memang hanya bisa berbicara lewat tulisan karena ngga suka kalau orang memperhatikan saya dengan intens, jadi konsekuensinya adalah saya menulis hal yang intim di mana pun saya bisa menulisnya. Saya ngga merasa melakukan hal salah. Kalau saya ingin membagi masalah saya lewat tulisan, berarti itu karena keputusan saya kan?

Ya, ngga apa-apa ya kalau post ini jadi wahana klarifikasi dan pembelaan diri. Saya pengen jadi orang yang jujur dan terbuka (walau ini sulit sekali), dan ini adalah usaha untuk diterima orang lain apa adanya. Kalau memang ada yang baca. Menulis memang terapi, even though it did not save me from my previous hell, tapi saya jadi bisa memahami apa yang mungkin terjadi dengan diri sendiri.

Oh ya, mulai sekarang harus belajar menulis dengan efektif. Supaya tulisan ngga kepanjangan dan ngga capek. I think it’s important if I want to be a writer. Wish me luck!

Semoga hidup kita selalu bahagia.

Sampai jumpa,
Indiena

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s